Jumat, 14 Desember 2012

Khasiat Buah Nangka untuk Kecantikan


Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) atau dalam bahasa inggris disebut jackfruit adalah salah satu jenis buah yang paling banyak ditanam di daerah tropis.

Buah nangka mengandung vitamin A, B, dan C dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, dan niacin. Juga mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai buah lainnya. Buah Nangka mempunyai kandungan gizi yang tinggi, 100 gram buah nangka memiliki 106 kalori, 27,6 gram karbohidrat dan 1,2 gram protein. .

Buah nangka segar memiliki sejumlah kecil vitamin pigmen-A dan flavonoid, seperti karoten-β, xanthin, lutein, dan cryproxanthin-β. Bersama-sama senyawa ini memainkan peranan penting dalam anti oksidan dan fungsi penglihatan. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah nangka juga dibutuhkan untuk integritas selaput lendir dan  Buah Nangka baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit. Hal ini juga membantu mencegah penyakit yang terkait dengan penglihatan seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Nangka bisa mencegah resistensi terhadap penyebab infeksi dan melindungi dari radikal bebas yang berbahaya. Hal ini karena nangka kaya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Dalam 100 gram nangka terdapat sekitar 13,7 miligram vitamin C atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas yang berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar